Info Terkini
Selamat Datang di Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari

4 Gejala Darah Tinggi yang Sering Diabaikan

Foto: Ilustrasi/thinkstock

Jakarta – Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan global. Dikatakan pakar, hal ini terjadi karena tak sedikit pengidap hipertensi yang tidak mengetahui kondisinya.

“Jangan karena Anda tidak merasa mengidap darah tinggi, lalu penyakitnya dianggap tak ada. Beberapa gejala ini menandakan darah tinggi namun sering diabaikan,” tutur Adam Splaver, MD, pakar kardiologi dari Nanohealth Associates, dikutip dari Women’s Health.

Splaver mengatakan batas aman tekanan darah adalah 13-/80 mmHg. Jika tekanan darah Anda di atas batas aman, Splaver mengatakan segeralah periksakan diri ke dokter.

Di samping tekanan darah yang melonjak naik, Splaver mengatakan ada 4 gejala darah tinggi yang sering diabaikan. Apa saja?

1. Brain fog

Brain fog merupakan kondisi di mana seseorang merasa bingung, lupa dan tidak fokus. Jika hal ini dibarengi dengan sakit kepala terus menerus, bisa jadi merupakan tanda darah tinggi.

2. Susah kencing

Darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada saluran kemih karena gangguan ginjal. Susah kencing dibarengi dengan perasaan kembung merupakan salah satu tanda darah tinggi.

3. Penglihatan memburuk

Tekanan darah tinggi juga bisa memengaruhi penglihatan. Bengkaknya pembuluh darah di sekitar mata karena darah tinggi dapat membuat penglihatan Anda memburuk.

4. Sulit menjaga keseimbangan

Pusing dan sulit menjaga keseimbangan merupakan tanda ada masalah di pembuluh darah kepala. Jika Anda mengalami pusing saat menonton film 3D, berdiri terlalu cepat atau berdiri terlalu lama, ada kemungkinan darah tinggi.

sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/3939439/4-gejala-darah-tinggi-yang-sering-diabaikan