Sabtu 31 Agustus 2019 Jurusan Keperawatan bersama Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) dan Crisis Aid Indonesia mengadakan pelatihan water resque yang dibawakan oleh Anggota BASARNAS di pulau bokori, kecamatan soropia kabupaten konawe.

Kegiatan yang dihadiri oleh Plh. Direktur Poltekkes Kendari Akhmad, SST., M.Kes, Ketua Jurusan Keperawatan Indriono Hadi, S.Kep., M.Kes Ketua AMCF Kendari dan dosen jurusan keperawatan poltekkes kendari diikuti oleh sekitar 120 orang yang berasal dari 68 mahahsiswa tim tanggap bencana jurusan keperawatan  dan pramuka poltekkes kendari sisanya dari AMCF dan Crisi Aid Indonesia.

Dalam pelatihan tersebut peserta diajarkan sejumlah materi tentang potensi SAR yang meliputi materi Medical First responder (MFR) dan Water Rescue, seperti, pertolongan pada korban tenggelam, teknik penggunaan pelampung, teknik mengangkat korban, hingga penggunaan ring buoy.

yang diperaktekkan langsung di lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan ilmu dan kemampuan dalam misi kemanusiaan penganan bencana terutama ketika terjadi di air.

Dalam kesempatan itu, peserta diajarkan beberapa pengetahuan materi water rescue. Seperti, pertolongan pada korban tenggelam, penggunaan kapal karet, teknik melempar tali, hingga teknik pencarian korban hilang.