(0401) 3190492
Jl. Jend. A.H. Nasution. No. G.14 Anduonohu, Kota Kendari.
poltekkes_kendari@yahoo.com

PROFIL JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES KENDARI

Jurusan Gizi yang terdiri dari dua Prodi yaitu Prodi D III Gizi dan Prodi D IV Gizi merupakan salah satu jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Kendari. Jurusan Gizi berada di jalan Pattimura No.45 Kelurahan Watulondo Kecamatan Puuwatu Kota Kendari 93314 dan secara demografi sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Ponggolaka dan sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Puuwatu.

Berdirinya Jurusan Gizi merupakan Konversi dari Sekolah Pembantu Ahli Gizi (SPAG) yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia kesehatan khususnya di bidang Gizi. Pada tahun 1995 SPAG beralih menjadi Akademi Gizi Depkes Kendari dan mulai menerima mahasiswa baru. Berdasarkan SK  Alih Bina No.298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 Tanggal 16 April 2001 Program Studi D III Gizi resmi didirikan dan menjadi salah satu Jurusan di Poltekkes Kemenkes Kendari. Pada tahun 2012 diterbitkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No:355/E/O/2012 tanggal 10 Oktober 2012 tentang Alih Bina penyelenggaraan Program Studi pada Poltekkes Kemenkes RI dari Kemneterian Kesehatan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga seluruh kegiatan administrasi akademik Poltekkes Kemenkes Kendari pembinaanya dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan kegiatan pengelolaan sumber daya, administrasi umum dan keuangan tetap dalam pembinaan Kemenkes RI.

Sampai saat ini Jurusan Gizi mengelola 2 Prodi yaitu Program Studi D III Gizi dengan masa studi 6 semester (3 tahun) dan Program Studi D IV Gizi 0 Tahun dengan masa studi 8 semester (4 tahun)  dan kelas Transfer dengan masa studi 2 semester (1 tahun). Program studi D III Gizi telah menghasilkan lulusan 18 angkatan dan untuk Program Studi D IV Reguler 0 tahun telah menghasilkan lulusan 2 angkatan dan kelas Transfer telah menghasilkan 2 angkatan.


VISI & MISI JURUSAN GIZI

PRODI D III GIZI TAHUN 2017-2021

VISI

“Menjadi Institusi Pendidikan Vokasi  Yang Menghasilkan Ahli Madya Gizi Profesional Dan Unggul Di Bidang Gizi Masyarakat Serta Berwawasan Kemaritiman  Tahun 2028”

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Diploma III Gizi Yang Berorientasi Kepada Mutu Dan Kebutuhan Pelayanan Gizi Individu, Kelompok Dan/Atau Masyarakat Yang Berwawasan Maritim.
  2. Menyelenggarakan Penelitian Di Bidang Gizi Masyarakat, Gizi Klinik Dan Gizi Intitusi.
  3. Melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terkait Dengan Masalah Gizi Sesuai Kebutuhan Masyarakat .
  4. Mengembangkan Kerjasama Dan Kemitraan Dengan Pemerintah Dan Swasta Secara Nasional Dan Internasional Untuk Mendukung Pencapaian Kompetensi Dan Penyerapan Lulusa

PRODI D IV GIZI TAHUN 2017-2021

VISI

“Menjadi institusi pendidikan vokasi yang menghasilkan Sarjana Terapan Gizi Profesional, Berwawasan Kemaritiman serta Berdaya Saing Nasional Tahun 2028”

MISI

  1. Mendidik mahasiswa yang Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kreatif, Berbudaya dan Berwawasan kemaritiman.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Sarjana Terapan Gizi yang mampu menggunakan teknologi informasi sebagai edukator dan konselor gizi, yang berorientasi pada mutu dan kebutuhan pelayanan gizi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan Penelitian terapan yang berdasarkan Kajian Terapan Iptek dibidang gizi masyarakat, gizi klinik dan gizi institusi.
  4. Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat terkait dengan masalah gizi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan manajemen pendidikan dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan pihak luar baik pemerintah maupun swasta.

STRUKTUR ORGANISASI JURUSAN GIZI