(0401) 3190492
Jl. Jend. A.H. Nasution. No. G.14 Anduonohu, Kota Kendari.
poltekkes_kendari@yahoo.com

Profil Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kendari

Jurusan keperawatan sebagai salah satu jurusan di poltekkes depkes Kendari yang bertanggung jawab untuk menghasilkan tenaga keperawatan yang professional yang mampu menjawab tuntutan masyrakat terhadap mutu pelayanan keperawatan di masa yang akan datang dan mampu bersaing di era globalisasi. Tenaga keperawatan professional harus mempunyai tiga kompetensi yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, yaitu hight skill, hight knowledge dan hight attitude. Kompetensi tersebut yang nantinya akan menjadi tolak ukur baik secara langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat untuk menilai profesionalitas profesi keperawatan. Untuk mewujudkan hal tersebut, jurusan keperawatan poltekkes depkes Kendari berusaha untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tetap menerapkan nilai-nilai etika kepada peserta didik.

Penyelenggara Pendidikan pada jurusan keperawatan menggunakan kurikulum nasional program DIII Keperawatan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan nasional dengan surat keputusan No.239/U/1999 tanggal 4 oktober 1999, yang berlandaskan pada visi dan misi dari Pendidikan diploma III Keperawatan, falsafah keperawatan yang mencangkup konsep manusia, kesehatan, lingkungan dan keperawatan serta berorientasi pada kaidah-kaidah Pendidikan tinggi nasional, organisasi kurikulum, yang mengarahkan jalannya program pendiidkan, tujuan program Pendidikan dan tujuan institusi.

Selanjutnya berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan nasional nomor 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum Pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa dan nomor 045/U/2002 tentang kurikulum inti Pendidikan tinggi dan adanya tuntutan kebutuhan masyarakat pengguna lulusan kecenderungan era globalisasi maka dilakukan revisi kurikulum nasional Pendidikan diploma III Keperawatan. Dengan demikian jurusan keperawatan poltekkes depkes Kendari menggunakan kurikulum nasional tersebut yang dijabarkan ke dalam kurikulum inti dan kurikulum institusional untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.


VISI DAN MISI JURUSAN KEPERAWATAN tahun 2017 – 2021

VISI

“Menjadi program studi yang unggul dalam keperawatan masyarakat maritim pada tahun 2028”

.”

MISI

  1. Meningkatkan pengajaran yang berkualitas dan unggul dalam bidang keperawatan masyarakat maritim
  2. Meningkatkan penelitian dalam bidang keperawatan masyarakat maritim
  3. Meningkatkan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan masyarakat maritim
  4. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, beretika, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  5. Mengembangkan kemitraan dalam Tridarma Perguruan Tinggi dengan institusi kesehatan dan non kesehatan

STRUKTUR ORGANISASI JURUSAN KEPERAWATAN