Asesmen pembelajaran merupakan bagian yang fundamental dari proses pembelajaran (Swanwick, 2014), sebagai penilaian terhadap kemampuan mahasiswa untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran, pemberian dukungan bagi mahasiswa yang membutuhkan penanganan khusus, sertifikasi kompetensi, pengembangan dan evaluasi program mengajar, prediksi terhadap performa/ pencapaian mahasiswa ke depannya, dan sebagai upaya untuk menjamin keselamatan pasien (Amin, Seng, & Eng, 2006; Davis, McKimm, & Forrest, 2013). Asesmen pembelajaran dapat dirancang dalam bentuk blue print assesment mata kuliah sebagai panduan yang jelas dan terarah untuk memastikan proses asesmen yang dibuat sejalan dengan capaian pembelajaran dan materi ajar. Perancangan asesmen yang baik diharapkan dapat mendorong peningkatan kompetensi mahasiswa dalam proses maupun hasil belajar, baik pembelajaran di kelas, klinik, maupun komunitas yang berbasis Interprofessional Education – Collaborative Practice (IPE-CP).

Sehubungan dengan hal tersebut, Politeknik Kesehatan Kendari akan melaksanakan workshop perancangan blue print assessment pembelajaran IPE pada tanggal 4-6 Oktober 2021 secara daring dengan narasumber dr. Yoyo Suhoyo, M.Med.Ed, Ph.D (Dosen Prodi Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan – Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada). Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dosen dalam melakukan asesmen pembelajaran, meliputi: peningkatan pemahaman tentang konsep asesmen pembelajaran,  peningkatan kemampuan dalam memilih metode asesmen yang sesuai untuk tujuan pembelajaran yang spesifik, dan dapat mengembangkan blue print  assessment mata kuliah.

Referensi:

Amin, Z., Seng, C. Y., & Eng, K. H. (2006). Practical Guide to Medical Student Assessment. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Davis, M., McKimm, J., & Forrest, K. (2013). How to Assess Doctors and Heaalth Professionals. United Kingdom: Willey-Blackwell.

Swanwick, T. (2014). Understanding Medical Education: Evidence, Theory and Practice, Second Edition. United Kingdom: Association for The Study of Medical Education.